KUNJUNGAN ILMIAH PT SARANA BANDAR NASIONAL


v  PROFIL PERUSAHAAN
Nama Perusahaan        : PT PELNI
Tahun berdiri               : 31 Maret 1986
Alamat                                    : Jalan Bisma Raya No 2 ,Tanjung Priok ,Jakarta Utara.Kode pos:13450  

No. Telepon                       : (021) 4393106

VISI

"Menjadi Perusahaan Pelayaran yang Tangguh dan Pilihan Utama Pelanggan"
MISI

1. Mengelola dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang terwujudnya wawasan nusantara
2. Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan di dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat
3. Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia
4. Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat (Stakeholders), dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG)

v  SEJARAH SINGKAT PT. SARANA BANDAR NASIONAL
Sejarah berdirinya PT PELNI bermula dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum tanggal 5 September 1950 yang isinya mendirikan Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA).
Latar belakang pendirian Yayasan PEPUSKA diawali dari penolakan pemerintah Belanda atas permintaan Indonesia untuk mengubah status maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di Indonesia, N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Matschappij) menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pemerintah Indonesia juga menginginkan agar kapal-kapal KPM dalam menjalankan operasi pelayarannya di perairan Indonesia menggunakan bendera Merah Putih. Pemerintah Belanda dengan tegas menolak semua permintaan yang diajukan oleh pemerintah Indonesia.Dengan modal awal 8 (delapan) unit kapal dengan total tonage 4.800 DWT (death weight ton), PEPUSKA berlayar berdampingan dengan armada KPM yang telah berpengalaman lebih dari setengah abad. Persaingan benar-benar tidak seimbang ketika itu, karena armada KPM selain telah berpengalaman, jumlah armadanya juga lebih banyak serta memiliki kontrak-kontrak monopoli.
Akhirnya pada 28 April 1952 Yayasan Pepuska resmi dibubarkan. Pada saat yang sama didirikanlah PT PELNI dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor M.2/1/2 tanggal 28 Februari 1952 dan No. A.2/1/2 tanggal 19 April 1952, serta Berita Negara Republik Indonesia No. 50 tanggal 20 Juni 1952. Sebagai Presiden Direktur Pertamanya diangkatlah R. Ma'moen Soemadipraja (1952-1955).
Status PT PELNI mengalami dua kali perubahan. Pada tahun 1961 pemerintah menetapkan perubahan status dari Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan dicantumkan dalam Lembaran Negara RI No. LN 1961. Kemudian pada tahun 1975 status perusahaan diubah dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perseroan terbatas (PT) PELNI sesuai dengan Akte Pendirian No. 31 tanggal 30 Oktober 1975. Perubahan tersebut dicantumkan dalam Berita Negara RI No. 562-1976 dan Tambahan Berita Negara RI No. 60 tanggal 27 Juni 1976.Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan usaha, perusahaan mengalami beberapa kali perubahan bentuk Badan Usaha. Pada tahun 1975 berbentuk Perseroan sesuai Akta Pendirian Nomor 31 tanggal 30 Oktober 1975 dan Akte Perubahan Nomor 22 tanggal 4 Maret 1998 tentang Anggaran Dasar PT. Pelni yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 16 April 1999 Nomor 31 tambahan Berita Negara Nomor 2203.
v  STRUKTUR ORGANISASI PT. SARANA BANDAR NASIONAL
v  USAHA PADA PT SARANA BANDAR NASIONAL
Usaha pokok
 PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 28 unit armada kapal penumpang yang diklasifikasi berdasarkan kapasitas jumlah penumpang, , diantaranya : Kapal tipe 3.000 pax, tipe 2.000 pax, tipe 1.000 pax, tipe 500 pax, tipe Ro-Ro (Roll on - Roll off) dan 1 unit kapal ferry cepat dengan kapasitas seluruhnya berjumlah 36.913 penumpang. Disamping itu PT Pelni juga mengoperasikan 4 unit armada kapal barang dengan total bobot mati berjumlah 1.200 ton.
Wilayah Indonesia yang terdiri dari 17.503 pulau, sangat membutuhkan sarana transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai SK Dirjen Perla no. AT 55/I/8/DJPL-06 Tgl 5 April 2006 tentang penetapan jaringan trayek tetap dan teratur (Liner) angkutan laut penumpang dalam negeri untuk PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Tempat yang disinggahi berjumlah 91 pelabuhan dengan 47 kantor cabang dan kurang lebih 300 travel agent yang tersebar diseluruh Indonesia.
Usaha Terkait Lainnya

Usaha Sampingan
Hotel Bahtera Cipayung, Bogor, Jawa Barat
Usaha Penunjang (Unit Bisnis Strategis)
Angkutan Bandar
Keagenan Kapal
Dock / Perbengkelan Kapal (Galangan Surya, Surabaya, Jawa Timur)
Pelayanan Penumpang Kapal
Property Management PELNI

Anak Perusahaan
PT. SBN : Bongkar Muat & EMKL
PT. PIDC : Freight Forwarding, Pengelolaan Over bagasi
Rumah Sakit PELNIPT. SBN : Bongkar Muat & EMKL

Tenaga Kerja
PT SBN 118 Orang

Kunjungan Ilmiah ke PT SARANA BANDAR NASIONAL orang-orangnya sangat welcome kepada kami, saat kunjungan kami diberi penjelasan oleh bapak Suharno dan jajarannya saat kami diberikan kesempatan untuk kekantornya ,masuk kekapal, dan ke depot container-container.
Pada saat pemberian materi oleh pak Suharno dan jajarannya perusahaan SBN ini merupakan perusahaan bongkar muat di cabang Tanjung Priok .Pendapatan PT SBN yaitu 35 Miliar pertahunnya.Tantangan  pada PT SBN yaitu: BIAYA LOGISTIK YANG MURAH.

Masalah yang dihadapi saat bongkar muat & penyelesaiannya
jika crane derek yang melekat dikapal /macet ketika mengangkut barang,membuat schedule yang berantakan,dan masalah pada mesinnya.Penyelesaiannya dengan tanggap mengganti dengan crane darat agar masalah yg dihadapi cepat selesai dan dapat melayani konsumen dengan lancar.
Kapal barang yang melewati tol laut,saat kapal menggunakan tol laut biasanya disubsidi agar murah pada biaya pengirimannya biasanya mengangkut kebutuhan pokok,contoh makanan.
Kendala tol laut,alat/sistem yang kurang saat dipelabuhan daerah terpencil,waktu kerja yang lama,faktor alam,buruh dipelabuhan terpencil berbeda dengan buruh dipelabuhan kota besar yg menggunakan operator derek.
Membawa barang dengan beko lalu terjadi mogok yang harus dilakukan,langsung diperbaiki/dan mengganti truknya,mengganti kendaraannya.
BBM satu harga

Kapal PELNI

  • Mengangkut penumpang
  • Mengangkut barang curah
  • Mengangkut penumpang,barang,kendaraan (3 in 1)

Nilai pemasaran pada PT SBN adalah menjual jadwal kapal sebagai jasanya,dikapal pelni adanya pemeliharaan pada barang;,penyimpanan digudang,dan penyaluran hingga sampai kekonsumen.

PT SBN sebagai handlingnya,kapal pelni hanya membawa barang dengan menggunakan tol laut untuk menstabilkan harga pada pengiriman barang sehingga harga barang tidak mahal.Tol laut dari dinas perdagangan,shipper pelni bongkar.

Dek belakang kecepatan agara tidak adanya stockhand,palka tempat penyimpanan barang diluar kebutuhan kapal.

Depot :

  • penumpukkan didepot maksimal 3 container
  • bayarnya cy cy
  • asuransi
  • nachoda
3 in 1 -rute JAKARTA-SURABAYA-MAKASAR-BAU-BAU-SORONG-PAPUA
















Komentar