v PROFIL PERUSAHAAN
Nama
Perusahaan : PT PELNI
Tahun
berdiri : 31 Maret 1986
Alamat : Jalan
Bisma Raya No 2 ,Tanjung Priok ,Jakarta Utara.Kode pos:13450
No. Telepon :
(021) 4393106
VISI
"Menjadi
Perusahaan Pelayaran yang Tangguh dan Pilihan Utama Pelanggan"
MISI
1. Mengelola
dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk
menunjang terwujudnya wawasan nusantara
2.
Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan di
dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat
3.
Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan
kompetensi Sumber Daya Manusia
4.
Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua
pihak yang terlibat (Stakeholders), dan menerapkan prinsip-prinsip Good
Corporate Governance (GCG)
v SEJARAH SINGKAT PT. SARANA BANDAR NASIONAL
Sejarah berdirinya PT PELNI
bermula dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri
Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum tanggal 5 September 1950 yang isinya
mendirikan Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA).
Latar
belakang pendirian Yayasan PEPUSKA diawali dari penolakan pemerintah Belanda
atas permintaan Indonesia untuk mengubah status maskapai pelayaran Belanda yang
beroperasi di Indonesia, N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Matschappij)
menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pemerintah Indonesia juga menginginkan agar
kapal-kapal KPM dalam menjalankan operasi pelayarannya di perairan Indonesia
menggunakan bendera Merah Putih. Pemerintah Belanda dengan tegas menolak semua
permintaan yang diajukan oleh pemerintah Indonesia.Dengan modal awal 8
(delapan) unit kapal dengan total tonage 4.800 DWT (death weight ton), PEPUSKA
berlayar berdampingan dengan armada KPM yang telah berpengalaman lebih dari
setengah abad. Persaingan benar-benar tidak seimbang ketika itu, karena armada
KPM selain telah berpengalaman, jumlah armadanya juga lebih banyak serta
memiliki kontrak-kontrak monopoli.
Akhirnya
pada 28 April 1952 Yayasan Pepuska resmi dibubarkan. Pada saat yang sama
didirikanlah PT PELNI dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan
Nomor M.2/1/2 tanggal 28 Februari 1952 dan No. A.2/1/2 tanggal 19 April 1952,
serta Berita Negara Republik Indonesia No. 50 tanggal 20 Juni 1952. Sebagai
Presiden Direktur Pertamanya diangkatlah R. Ma'moen Soemadipraja (1952-1955).
Status
PT PELNI mengalami dua kali perubahan. Pada tahun 1961 pemerintah menetapkan
perubahan status dari Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan
dicantumkan dalam Lembaran Negara RI No. LN 1961. Kemudian pada tahun 1975
status perusahaan diubah dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perseroan terbatas
(PT) PELNI sesuai dengan Akte Pendirian No. 31 tanggal 30 Oktober 1975.
Perubahan tersebut dicantumkan dalam Berita Negara RI No. 562-1976 dan Tambahan
Berita Negara RI No. 60 tanggal 27 Juni 1976.Seiring dengan perjalanan waktu
dan perkembangan usaha, perusahaan mengalami beberapa kali perubahan bentuk
Badan Usaha. Pada tahun 1975 berbentuk Perseroan sesuai Akta Pendirian Nomor 31
tanggal 30 Oktober 1975 dan Akte Perubahan Nomor 22 tanggal 4 Maret 1998
tentang Anggaran Dasar PT. Pelni yang diumumkan dalam Berita Negara Republik
Indonesia tanggal 16 April 1999 Nomor 31 tambahan Berita Negara Nomor 2203.
v
STRUKTUR
ORGANISASI PT. SARANA BANDAR NASIONAL
v
USAHA
PADA PT SARANA BANDAR NASIONAL
Usaha pokok
PT Pelayaran Nasional Indonesia
adalah menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan
penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan
mengoperasikan 28 unit armada kapal penumpang yang diklasifikasi berdasarkan
kapasitas jumlah penumpang, , diantaranya : Kapal tipe 3.000 pax, tipe 2.000
pax, tipe 1.000 pax, tipe 500 pax, tipe Ro-Ro (Roll on - Roll off) dan 1 unit
kapal ferry cepat dengan kapasitas seluruhnya berjumlah 36.913 penumpang.
Disamping itu PT Pelni juga mengoperasikan 4 unit armada kapal barang dengan
total bobot mati berjumlah 1.200 ton.
Wilayah Indonesia yang terdiri dari 17.503 pulau, sangat membutuhkan
sarana transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau yang tersebar di
seluruh Indonesia. Sesuai SK Dirjen Perla no. AT 55/I/8/DJPL-06 Tgl 5 April
2006 tentang penetapan jaringan trayek tetap dan teratur (Liner) angkutan laut
penumpang dalam negeri untuk PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Tempat
yang disinggahi berjumlah 91 pelabuhan dengan 47 kantor cabang dan kurang lebih
300 travel agent yang tersebar diseluruh
Indonesia.
Usaha Terkait
Lainnya
Usaha Sampingan
Hotel Bahtera
Cipayung, Bogor, Jawa Barat
Usaha Penunjang
(Unit Bisnis Strategis)
Angkutan Bandar
Keagenan Kapal
Dock / Perbengkelan
Kapal (Galangan Surya, Surabaya, Jawa Timur)
Pelayanan Penumpang
Kapal
Property Management
PELNI
Anak Perusahaan
PT. SBN : Bongkar
Muat & EMKL
PT. PIDC : Freight
Forwarding, Pengelolaan Over bagasi
Rumah Sakit PELNIPT.
SBN : Bongkar Muat & EMKL
Tenaga Kerja
PT SBN 118 Orang
PT SBN 118 Orang
Kunjungan Ilmiah ke
PT SARANA BANDAR NASIONAL orang-orangnya sangat welcome kepada kami, saat
kunjungan kami diberi penjelasan oleh bapak Suharno dan jajarannya saat kami
diberikan kesempatan untuk kekantornya ,masuk kekapal, dan ke depot
container-container.
Pada saat pemberian
materi oleh pak Suharno dan jajarannya perusahaan SBN ini merupakan perusahaan
bongkar muat di cabang Tanjung Priok .Pendapatan PT SBN yaitu 35 Miliar
pertahunnya.Tantangan pada PT SBN yaitu:
BIAYA LOGISTIK YANG MURAH.
Masalah yang dihadapi saat bongkar muat & penyelesaiannya
jika crane derek
yang melekat dikapal /macet ketika mengangkut barang,membuat schedule yang
berantakan,dan masalah pada mesinnya.Penyelesaiannya dengan tanggap mengganti
dengan crane darat agar masalah yg dihadapi cepat selesai dan dapat melayani
konsumen dengan lancar.
Kapal barang yang melewati tol laut,saat kapal menggunakan tol laut
biasanya disubsidi agar murah pada biaya pengirimannya biasanya mengangkut
kebutuhan pokok,contoh makanan.
Kendala tol laut,alat/sistem yang kurang saat dipelabuhan
daerah terpencil,waktu kerja yang lama,faktor alam,buruh dipelabuhan terpencil
berbeda dengan buruh dipelabuhan kota besar yg menggunakan operator derek.
Membawa barang dengan beko lalu terjadi mogok
yang harus dilakukan,langsung
diperbaiki/dan mengganti truknya,mengganti kendaraannya.
BBM satu harga
Kapal PELNI
- Mengangkut penumpang
- Mengangkut barang curah
- Mengangkut penumpang,barang,kendaraan (3 in 1)
Nilai pemasaran pada PT SBN adalah menjual jadwal kapal sebagai jasanya,dikapal pelni adanya pemeliharaan pada barang;,penyimpanan digudang,dan penyaluran hingga sampai kekonsumen.
PT SBN sebagai handlingnya,kapal pelni hanya membawa barang dengan menggunakan tol laut untuk menstabilkan harga pada pengiriman barang sehingga harga barang tidak mahal.Tol laut dari dinas perdagangan,shipper pelni bongkar.
Dek belakang kecepatan agara tidak adanya stockhand,palka tempat penyimpanan barang diluar kebutuhan kapal.
Depot :
- penumpukkan didepot maksimal 3 container
- bayarnya cy cy
- asuransi
- nachoda
Komentar
Posting Komentar